Truk obesitas

Banyak truk dengan kapasitas 20 ton namun diisi dengan beban yang mencapai 40 ton. Jembatan timbang dikelola oleh swasta supaya bisa dipertanggungjawabkan secara profesional, dan tentunya menghilangkan pungli. Namun dengan perbandingan kerusakan dan untung yang didapat, pemerintah meminta badan usaha bisa tegas dalam menindak truk-truk 'obesitas' tersebut.

Pengadaan ini akan melibatkan swasta. Mutan truk obesitas akan dibongkar dan diturunkan dari truk. Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, menjelaskan bahwa kerugian itu harus ditanggung pemerintah untuk memperbaiki jalanan yang rusak karena truk ODOL tersebut.

Kyatmaja menilai dampak itu akan terlihat pada jangka pendek. Langkah-langkah atau kebijakan akan diambil setelah melihat implementasi larangan itu di lapangan. Untuk itu pemerintah ingin badan usaha ke depan secara tegas menolak setiap truk 'obesitas' yang berniat masuk ke jalan tol.

Ia menjelaskan, hasil evaluasi selama tiga bulan dari tujuh jembatan timbang, ternyata dari kendaraan truk yang lewat, 75 itu melakukan pelanggaran kelebihan kapasitas.

Tak perlu ragu lagi untuk beriklan di www. Truk obesitas ditindak, harga-harga dikhawatirkan melonjak 0 Muhammad Nur Rochmi Pengakuan Pengusaha: Saya sudah normalisasi 6 unit," imbuhnya.

Selain itu, penerapan jembatan timbang ini nantinya juga tidak hanya berlaku untuk tol-tol yang tarifnya turun, tapi juga ruas tol lainnya hingga jalan-jalan nasional yang selama ini juga mengalami hal yang sama dibebani ongkos pemeliharaan jalan imbas truk kelebihan muatan.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan, dalam realisasi perjanjian untuk perangi truk obesitas dan over dimensi asosiasi baja dan asosiasi semen tidak mau tanda tangan.

Truk Obesitas di Pantura Pasti Ditindak

Larangan Ini dilakukan agar tidak ada lagi yang memberikan ruang lebih pada truk-truk besar. Namun, ada dua asosiasi yang tidak mau diajak kerja sama. Senin, 30 Apr Kalau nggak, jalannya rusak terus. Seimbang nggak? Rifkianto Nugroho Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan akan melakukan penindakan kepada para pelaku truk yang bermuatan lebih atau obesitas per 1 Agustus Harus dilakukan secara konsisten.

Upaya selanjutnya yang akan ditempuh oleh pemerintah adalah memberikan kesempatan swasta untuk mengelola jembatan timbang. Padahal keberadaan truk 'obesitas' di dalam jalan tol terbukti telah memberikan dampak negatif baik ke pengguna tol itu sendiri dan badan usaha atau operator truk obesitas.

Rifkianto Nugroho Akibat adanya larangan soal truk obesitas melintas di jalan tol dari Kementerian Perhubungan, biaya angkut truk akan lebih mahal. Dirinya menambahkan, sosialisasi sudah dilakukan dengan mengumpulkan para pelaku barang, kawasan industri, Aptrindo, Organda, Karoseri sudah kami sampaikan dan bahkan kepada truk-truk yang lewat di jembatan timbang sudah kami berikan brosur.

Kendati begitu ia tetap mendukung kebijakan pemerintah. Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Budi Setiyadi, menyatakan bakal menindak truk yang muatannya lebih dari persen sesuai ketentuan berlaku. Namun, banyak opsi lain seperti menggunakan pipa.

Oleh sebab itu Budi Karya akan meminta Budi Setiadi segera memberikan surat peringatan terlebih dahulu kepada pengusaha baja dan semen sebelum melibatkan kejakgung. Sebagai catatan, berdasarkan Pasal Undang Undang Nomor 22 Tahun tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, mengatur secara tegas bahwa modifikasi kendaraan bermotor adalah tindak pidana.

Jika terbukti truk tersebut obesitas dan multi dimensi pengawas akan memberikan sanksi berupa penurunan barang atau bongkar, denda Rp Hamdi Sanksinya, ya administratif. Rencana pemerintah menurunkan tarif tol akan dibarengi dengan aturan beban muatan yang diangkut kendaraan logistik.

Salah satu contohnya adalah perjalanan truk Jakarta - Surabaya yang dapat lebih cepat dengan kendaraan yang tepat kapasitasnya. Pemilik truk harus merogoh uang sekitar Rp 20 juta untuk setiap truk yang ingin dinormalisasi. Adapun ancamannya yaitu maksimal kurungan 1 tahun dan atau denda Rp 24 juta.

Menurut Budi Karya, kedua asosiasi beralasan belum mengetahui soal kewajiban truk melewati jembatan timbang. Sementara badan usaha jalan tol menerima imbas dari membengkaknya biaya pemeliharaan jalan yang berasal dari beban tonase angkutan yang melebihi kapasitasnya.

Sehingga membuat mereka hanya bisa terus menambal setiap kerugian yang disebabkan oleh truk overload ini. Dalam paparannya, budi menjelaskan, masih banyak ditemukan truk obesitas yang melintas di jalan tol berdampak pada bengkaknya biaya pemeliharaan infrastruktur yang mencapai Rp 43 triliun.

Penamaan elogistik. Tindakan tegas ini merupakan langkah pemerintah dari dampak kerusakan jalur tol di setiap tahunnya.Truk 'Obesitas' Tak Boleh Lagi Masuk Tol. Truk overload dianggap jadi salah satu penyebab macet dan banyaknya jalan tol yang rusak.

Sebentar lagi, tak ada cerita buat truk 'obesitas' itu masuk ke tol. detikFinance Senin, 30 Apr WIB Operator Jalan Tol Kewalahan Bendung Truk 'Obesitas' Truk bermuatan lebih atau overload banyak ditemui.

Tertibkan Truk Obesitas Menhub Panggil Pengusaha Logistik. Jakarta - Kementerian Perhubungan pagi ini menandatangani perjanjian larangan truk obesitas dan over dimensi dengan beberapa lembaga terkait seperti Kepolisian, Kementerian PUPR, Kejaksaan Agung, Kementerian Perhubungan, Mahkamah Agung lembaga non pemerintah seperti Gaikindo, Aptrindo, Organda, Asosiasi Karoseri Indonesia.

CILEGON, SSC - Kementrian Perhubungan bersiap akan mengoperasikan tiga jembatan timbang di tiga wilayah yang ada di Banten tahun mendatang. Jembatan timbang itu dioperasikan sebagai upaya pemerintah dalam mendeteksi keberadaan kendaraan muatan berat sehingga bisa meminimalisir kerusakan.

Menhub Janji Bakal Tertibkan Truk 'Obesitas'

Hal ini disampaikan Kepala Seksi Lalu Lintas Angkutan Jalan Balai Pengelola. 7/17/ · Awal Agustus nanti, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bakal menindak tegas truk-truk obesitas dan overdimensi di jalanan.

Kemenhub juga akan mengambil alih jembatan timbang dari pemda. Pasalnya, negara mengalami kerugian Rp 43 triliun per tahun untuk memperbaiki jalanan yang rusak akibat truk obesitas tersebut.

Truk Obesitas Mulai Ditindak, Kecuali Truk Sembako dan Bahan Bangunan

PEKANBARU - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mulai mengaktifkan jembatan timbang untuk menghitung muatan kendaraan guna mengatasi kendaraan kelebihan muatan. 2/16/ · Aturan Truk 'Obesitas' Diterapkan, Baru Riau dan Surabaya yang Taat.

Ilustrasi truk. Foto: Gesit Prayogi/kumparan. Pemerintah telah menetapkan kebijakan muatan barang lebih atau yang dikenal sebagai overload dan overdimensi (odol) untuk kendaraan sejak Agustus Author: @Kumparanbisnis.

Truk obesitas
Rated 0/5 based on 63 review