Hubungan antara obesitas dengan kejadian osteoartritis lutut

Pengaruh Obesitas terhadap Tidur, Nyeri Lutut, dan Tekanan Darah

Research method done in this research is qualitative research method. Akibatnya, obesitas ini meningkatkan risiko terjadinya osteoartritis. Pekerjaan Osteoartritis banyak ditemukan pada pekerja fisik berat, terutama yang banyak menggunakan kekuatan yang bertumpupada lutut.

Mereka berkesimpulan walaupun faktor genetik berperan tetapi faktor lingkungan mempunyai andil yang besar. Obesitas adalah suatu penyakit multifaktorial, yang mana terjadi akibat akumulasi jaringan lemak berlebihan, sehingga dapat mengganggu kesehatan.

Di sebut juga penyakit sendi degenerative atau osteoartrosis. Kelemahan otot kuadrisep dan laksiti ligamentum pada sendi lutut termasuk kelainan lokal yang juga menjadi faktor risiko OA lutut.

Kondrosit memiliki reseptor estrogen fungsional, yang menunjukkan bahwa sel-sel ini dipengaruhi oleh estrogen. Results Inpersons the 5-year mortality rates were lowest among persons with one condition and increased with more chronic conditions.

Kariadi Semarang, xvi 7. Kariadi Semarang diperoleh sampel sebanyak 28 orang dengan cara consecutive sampling. Studi di Chingford menunjukkan bahwa untuk setiap peningkatan Indeks Massa Tubuh IMT sebesar 2 unit kira-kira 5 kg berat badanrasio odds untuk menderita OA lutut secara radiografik meningkat sebesar 1,36 poin.

Banyak faktor lain yang juga menentukan derajat osteoartritis lutut yang diderita oleh pasien misalnya umur, genetik, riwayat cedera sendi, pekerjaan, olahraga, dan faktorfaktor lain yang saling bekerja sama menentukan derajat osteoartritis lutut.

Kebiasaan olah raga Atlit olah raga benturan keras dan membebani lutut seperti sepak bola, lari maraton dan kung fu memiliki risiko meningkat untuk menderita OA lutut.

On palpation thre of the right knee. Kekakuan sendi apabila tidak segera ditangani maka dapat mengganggu mobilitas fisik pada lansia. Sendi kehilangan fleksibilitasnya sehingga terjadi penurunan luas gerak sendi. Osteoartritis terjadi sebagai hasil kombinasi antara degradasi rawan sendi, remodelling tulang, dan inflamasi cairan sendi.

Walaupun OA tidak dapat disembuhkan, tetapi kualitas hidup pasien dapat ditingkatkan. Osteoarthritis yang juga dikenal sebagai penyakit sendi Diabetes permanen pada neonatus disebabkan oleh defisiensi glukokinase dan kesalahan bawaan dari jalur sinyal glukosa-insulin.

Tortora dan Bryan Derrickson Kapsul dari sendi lutut terdiri dari ligamen yang mengelilingi seluruh bagian lutut dan didalamnya terdapat membran sinovial yang menyediakan nutrisi pada keseluruhan struktur dari sendi lutut. Sendi Lutut Kecepatan degradasi ditentukan pula oleh kadar enzim sintesis dan aktivitas dalam jaringan.

Wibowo dan Widjaya Paryana 14 Berdasarkan macam-macam otot yang berperan pada sendi lutut di atas, dapat disimpulkan bahwa sendi lutut mampu melakukan dua jenis gerakan yaitu gerakan fleksi dan ekstensi.

Diunduh dari http: PubMed [serial on the internet]. OA dengan derajat nyeri ringan yang melibatkan 1 atau 2 sendi terbukti efektif dengan pengobatan topikal.

Contoh Skripsi Kedokteran:Hubungan Antara Obesitas Dengan Kejadian Osteoartritis Lutut

Terapi ini terdiri dari pendinginan, pemanasan dan latihan penggunaan alat bantu. Untuk mengetahui cara pencegahan dan pengobatan penyakit Obesitas 6. Walaupun tindakan operatif dapat menghilangkan nyeri pada sendi OA, tetapi kadang-kadang fungsi sendi tersebut tidak dapat diperbaiki secara adekuat, sehingga terapi fisik pre dan pasca operatif harus dipersiapkan dengan baik.

Ligamen-ligamen dari sendi lutut berfungsi sebagai struktur yang mempertahankan stabilitas sendi lutut dalam berbagai posisi.Setiap orang memerlukan sejumlah lemak tubuh yang mempunyai fungsi sebagai energi, sebagai penyekat panas, penyerap goncangan dan fungsi elbfrollein.com- rata wanita memiliki lemak tubuh yang lebih banyak dibandingkan elbfrollein.comdingan normal antara lemak tubuh dengan berat badan adalah sekitar 30 % pada wanita dan % pada pria.

PREVALENSI KELAINAN BENTUK KAKI (FLAT FOOT) PADA ANAK USIA TAHUN DI KOTA SURAKARTA NASKAH PUBLIKASI Disusun Untuk Memenuhi Persyaratan Dalam Mendapatkan Gelar Sarjana Sains Terapan Fisioterapi Disusun. Hubungan Kejadian Osteoartritis Lutut Dengan Diabetes Melitus Tipe 2 di RSUP H.

Adam Malik dan RSUD dr. Pirngadi Medan | dok document. Penelitian yang dilakukan oleh Mustelin menunjukkan bahwa terdapat hubungan bermakna antara aktivitas fisik dengan obesitas pada anak.

HUBUNGAN ANTARA OBESITAS DENGAN OSTEOARTRITIS

Hasil analisis bivariat menunjukkan bahwa responden yang tidak rutin berolahraga memiliki risiko obesitas sebesar 1,35 kali dibandingkan dengan responden yang rutin berolahraga. Hasil: Hasil dari uji Chi Square didapatkan p value 0, Oleh karena nilai p hubungan yang bermakna antara obesitas dengan kejadian osteoartritis lutut dimana osteoartritis lutut unilateral sebanyak 24 orang (60%) dan osteoartritis lutut bilateral sebanyak 16 orang (40%).

11/30/ · Hubungan Antara Obesitas Dengan Kejadian Osteoartritis Lutut. Seiring dengan bertambahnya usia, seseorang dapat meningkatkan risiko terjadinya osteoartritis lutut.

Maquet menjelaskan bahwa pada keadaan normal gaya berat badan akan melalui medial sendi lutut dan akan diimbangi oleh otot-otot paha bagian lateral sehingga resultannya akan jatuh.

Hubungan antara obesitas dengan kejadian osteoartritis lutut
Rated 3/5 based on 80 review